Lagu Yang Bagus


Umumnya setiap musisi/band ingin mencurahkan perasaannya melalui bunyi-bunyian yang indah dalam wujud yang biasa disebut sebagai lagu.

Dalam membuat sebuah lagu, si musisi/band akan berusaha untuk :

– mencurahkan perasaannya sepenuh-penuhnya dan seutuh-utuhnya melalui bunyi-bunyian

– mengatur/menata agar bunyi-bunyian yang dibuatnya indah, bagus atau enak didengar.

Dalam proses pembuatan itu dan dengan terciptanya lagu, si musisi/band memperoleh kepuasan atau kesenangan. Orang lain, yang mendengar lagu tsb juga dapat memperoleh kepuasan dan kesenangan.

Tentunya rasa keindahan setiap orang adalah berbeda, tidak ada yang sama, maka lagu yang indah atau bagus buat seseorang, belum tentu indah dan bagus buat orang lain. Oleh karena itu pengertian lagu yang indah atau bagus akan berbeda pula dari orang ke orang. Dengan demikian tidak mudah membuat lagu yang akan dinilai indah atau bagus oleh banyak orang.

Namun demikian ada beberapa unsur yang kira-kira perlu dimiliki sebuah lagu agar lagu itu terasa indah atau bagus. Yaitu :

1. Harmonis

Pengertian harmonis secara sederhana adalah kesesuaian/keseimbangan nada (atau nada-nada) suatu instrument dengan nada (atau nada-nada) instrument lainnya.

Contoh nada yang sesuai/seimbang adalah kord/triad (3 nada/lebih yang dibunyikan secara bersamaan). Tiap kord/triad mempunyai aturan/rumus tersendiri yang membuat nada-nada dalam kord/triad itu bersesuaian/seimbang atau harmonis sehingga enak didengar.

Kemudian nada atau kord/triad yang dimainkan suatu instrument (seperti gitar) juga harus bersesuaian/seimbang dengan nada atau kord/triad yang dimainkan instrument lainnya. Sehingga keseluruhan nada yang ada terdengar bersesuaian/seimbang dan enak didengar.

2. Melodis

Pengertian melodis secara sederhana adalah pergerakan/perubahan tinggi rendahnya nada yang dimainkan dari waktu ke waktu. Suatu lagu yang indah atau bagus umumnya memiliki melodi yang enak didengar.

3. Irama/Ritme

Pengertian irama/ritme secara sederhana adalah perulangan bunyi-bunyian menurut pola tertentu dalam sebuah lagu. Perulangan bunyi-bunyian ini juga menimbulkan keindahan dan membuat sebuah lagu menjadi enak didengar.

4. Suasana/Nuansa

Nuansa kira-kiranya adalah suasana yang terasa dari sebuah lagu. Apakah suasana riang, gembira, sedih ataupun murung dsb.

Macam-macam suasana ini dapat dibangun/dibuat melalui melodi, harmoni, irama dan juga efek suara instrument yang digunakan dalam sebuah lagu. Suasana suatu lagu menimbulkan sensasi perasaan tertentu pada pendengarnya akibatnya membuat suatu lagu terasa indah atau enak didengar.

5. Alunan Emosi

Yang dimaksud alunan emosi adalah tahapan/pergerakan pencurahan emosi dalam sebuah lagu.

Dalam suatu saat dalam sebuah lagu ada emosi yang terkandung entah itu emosi marah, sedih, rindu dsb. Emosi-emosi ini dicurahkan menurut tahapan-tahapan tertentu, misalkan dari mulai dikenalkan, dicurahkan perlahan, meningkat, sampai ke puncak emosi kemudian menurun kembali dsb.

Adanya emosi yang dapat dirasakan ini dapat mempengaruhi apakah suatu lagu akan terasa indah/bagus atau tidak. Lagu yang kandungan emosi didalamnya sulit ditangkap/dirasakan kemungkinan menjadi tidak menarik, dan sebaliknya.

Perpaduan yang pas dari hal-hal diatas turut mempengaruhi indah/bagus atau tidaknya suatu lagu. Dan perpaduan yang demikian itulah yang tidak mudah dibuat.

Tercapainya perpaduan yang paling pas membuat sebuah lagu menjadi indah/bagus. Lagu yang bagus selain enak didengar mempunyai dampak :

– dapat dinikmati, dipahami dan dihayati oleh pendengarnya

– mendorong/merangsang pendengarnya untuk turut bernyanyi, menari, atau terbawa dalam lagu tsb.

Tentunya untuk dapat membuat sebuah lagu yang bagus tidaklah mudah oleh karena itu disarankan agar suatu band melakukan pembinaan diri seperti ditulis di artikel “Membina Band“.

Namun tentu unsur-unsur diatas bukanlah harga mati, bisa saja ada hal-hal lain yang membuat sebuah lagu menjadi indah/bagus. Mudah-mudahan sebagai sebuah gambaran umum, barangkali sudah memadai.

7 Balasan ke Lagu Yang Bagus

  1. iraf mengatakan:

    salam nusantara!menggila maya!salam kenal.apa menurut anda susunan komposisi yang cantik dan indah itu?bagaimana rumusan/rambu2 dalam komposisi itu?tetap berkarya,selamat berjuang!menggila maya!

    salam juga!😀
    susunan komposisi yang cantik dan indah itu? tampaknya yang anda maksud adalah lagu yang bagus atau indah, maka jawabannya seperti yang saya tulis disini. bahwa lagu yang bagus memiliki unsur : harmonis, melodis, dst.

    rumusan/rambu2 dalam komposisi, barangkali yang anda maksud tentang struktur lagu? well, itu bahasan tersendiri, belum saya tulis.

    namun apapun itu, buat saya, sebaiknya seorang musisi mengikuti kata hatinya dalam membuat komposisi musik🙂

    semoga berkenan! salam! menggila maya! salam!

  2. otakiphan mengatakan:

    hmm… semoga bener2 bisa begitu.. soalnya kok, kayaknya band-band baru sekarang bikin lagu yang setipe, sejenis, dan sealiran, biar bisa masuk label major😐 saya bosen dengernya…

  3. iraf mengatakan:

    salam nusantara!menggila maya!makasih atas pejabarannya.wah ternyata anda juga mengamati semua ya…bosen juga kan dengan semua band yang gitu melulu..hahaha…salam kenal…terus berjuang!terus berkarya!menggila maya!

  4. iraf mengatakan:

    salam nusantara!menggila maya!

    PERSEMBAHAN WORLD MUSIC

    “ THE PANTHOM OF THE TRADITIONAL OPERA”

    3 JULI 2008, PKL 20.00 WIB sd Selesai

    GRAHA BAKTI BUDAYA, TAMAN ISMAIL MARZUKI ( TIM )

    SEBUAH PAGELARAN MUSIK ANAK BANGSA YANG MENGKOLABORASIKAN INSTRUMEN TRADISIONAL

    INDONESIA DAN MANCANEGARA,SEPERTI : ( Talempong, Sitar India,Erhu, Kecapi, Saluang , Ghu zheng , Bonang , Didgeridu , Seronen , Kong Ah Yan , Rebab , Juga alat alat Musik modern dan lain sebagainya )

    MAHAGENTA MEMBERI WACANA BARU BAGI PENDENGAR DAN PENIKMAT SENI KHUSUSNYA MUSIK BAHWA ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA MAMPU MEMAINKAN KARYA YANG MEGAH DAN FENOMENAL ITU ( PANTHOM OF THE OPERA ) , SEPRTI APA JADINYA KOLABORASI ITU???. KAMI TUNGGU KEHADIRAN ANDA…….

    SALAM BUDAYA

    Menggila maya!

  5. nh18 mengatakan:

    Tambahin dikit untuk Harmonis …
    Seyogyanya juga Harmonis dengan Liriknya …

    Jangan sampai Jalinan melodi nya bernuansa “riang” …
    tapi syairnya malah … kebalikannya …

    Jangan sampai struktur melodinya sedih dan minor … tetapinya syairnya justru “pesta” …

    Apa itu jalinan riang dan apa itu struktur melodi sedih … wah itu kayaknya cuma kita-kita yang bisa merasakan ya Bang …
    Hehehe

    wah … makasih nih Pak tambahannya…. semoga berguna buat kita semua :mrgreen:

  6. ironepunx mengatakan:

    makasih infonya kang…
    semoga saia bisa menciptakan lagu yg bisa menggemparkan jagat persilatan..:mrgreen:

  7. alibi mengatakan:

    Salam kenal ,

    Waduh saya sangat berterima kasih Bung, untuk masukan2 yang secara tidak langsung saya anggap sebagai motivasi buat saya ini.

    Jujur dan boleh saya katakan kalau saya sendiri juga senang membuat lagu, tapi saya sendiri juga gak tau, apakah lagu saya ini bisa membuat penikmat yang lain untuk masuk, mengerti, dan menghayati lagu2 saya.

    Lagu yang bisa membuat saya benar-benar merasakan sakitnya menangis, indahnya bahagia dan nikmatnya sebuah perjuangan…Yah, setidaknya saya sendiri bisa merasakannya…Dan mungkin itu modal besar buat saya
    untuk terus bisa berkarya meskipun sampai sekarang ini belum tergambarkan secar jelas arahnya…

    Terima kasih, salam hangat pada “Mimpi”, “Kenyataan”, “Kegagalan”, “Perjuangan”, dan “Keberhasilan” yang akan terus menjadi inspirasi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: