Musik Digital


Musik Digital secara umum adalah musik yang dibangkitkan/diciptakan atau direkam atau diproses dengan memanfaatkan perangkat perangkat berbasis digital seperti komputer, midi dan software.


Di negara negara maju musik digital berkembang pesat seiring perkembangan teknologi komputer. Baik segi software maupun perangkat keras pelengkap bahkan majalah majalah yang khusus membahas musik digital juga muncul menjamur.

Oleh karena itu musik digital juga dipergunakan secara profesional oleh para profesional di bidang audio macam para musisi maupun sound engineer.

Beberapa Hal Yang Sebaiknya Dipahami

Komputer

Untuk dapat memanfaatkan teknologi musik digital ini diperlukan kemampuan menggunakan komputer. Tidak perlu menjadi seorang programmer, graphic designer, web developer atau pun teknisi komputer. Cukuplah mengerti penggunaan sehari hari komputer seperti menghidupkan & mematikan komputer, mencetak, mem-burning data, juga meng-install software. Namun akan lebih baik lagi bila biasa browsing / berselancar di internet.

Software Studio Digital / Audio Editor

Yang dimaksud software studio digital / audio editor adalah software software yang fungsinya sama seperti fungsi studio musik konvensional.

Studio musik konvensional umumnya memiliki perangkat musik dan perangkat rekaman yang diletakkan dalam ruangan ruangan kedap suara. Dengan perangkat perangkat itu studio musik melakukan perekaman atas musik yang dimainkan suatu band untuk kemudian diproses.

Software studio digital juga memiliki kemampuan seperti studio musik konvensional. Jadi mampu melakukan perekaman musik yang dimainkan suatu band, juga mampu memprosesnya. Macam software studio digital yang banyak beredar misalkan : Cakewalk Audio Pro, Cakewalk Home Studio, Sonar, Adobe Audition, Cubase SX, Sound Forge, dll.

Di toko buku toko buku di Indonesia, sudah tersedia buku buku yang membahas software software ini.

drum-midi-arif.jpg

Sebuah Drum MIDI buatan sendiri oleh Arif 

Plug – Ins

Software software studio digital / audio editor tersebut umumnya dapat diperlengkapi dengan macam macam software pelengkap yang disebut plug-ins. Plug-ins ini biasanya mensimulasikan efek efek suara tertentu seperti chorus, flanger, delay, reverb, distortion, compresor, peak limiter, dsb.

Sampler

Sampler secara umum adalah software atau hardware yang menggunakan sample (contoh) suara tertentu untuk menghasilkan output simulasi suara tertentu semisal suara drum atau keyboard, berdasarkan nada yang diterimanya.

Satu software sampler yang disarankan adalah SpeedSoft VSampler (dapat dilihat di http://www.maz-sound.com). Dengan menggunakan sample suara suara tertentu, yang disimpan dalam sebuah file sound libraries, software ini mampu mensimulasikan beragam suara drum atau keyboard atau instrument lainnya.

Sound libraries yang sedang top saat ini umumnya berbentuk soundfont, yaitu sebuah file yang berisi potongan potongan contoh suara suatu instrument berdurasi singkat. Berdasarkan sampel suara inilah sebuah sampler menghasilkan macam macam suara instrument musik (semisal drum, piano, gitar, bass). Salah satu sumber yang menyediakan soundfont secara gratis ada di sini. Namun dengan menggunakan Google kita dapat mencari lebih banyak lagi situs situs penyedia soundfont baik yang gratis maupun yang komersial.

MIDI (Musical Instrument Digital Interface)

MIDI adalah suatu protokol standar yang memungkinkan terjadinya komunikasi antar berbagai instrumen musik elektronik dan komputer untuk saling berkomunikasi serta berbagi data.

Dengan kemampuan ini, suara yang dihasilkan suatu instrumen yang memiliki kemampuan MIDI, dapat ditransfer ke instrumen lain atau ke sebuah komputer. Selanjutnya suara tersebut dapat diolah atau diproses lebih lanjut seperti diberi efek efek tertentu atau volumenya diatur, dsb.

Contoh paling umum adalah sebuah keyboard. Biasanya keyboard keluaran masa ini sudah dilengkapi dengan kemampuan MIDI. Keyboard MIDI yang paling sederhana bahkan tidak dilengkapi speaker sama sekali. Maka untuk menghasilkan suara keyboard harus dihubungkan dengan sebuah komputer yang dilengkapi dengan sebuah sound card.

keyboar-midi.jpg
Sebuah keyboard MIDI sederhana tanpa speaker

Sumber Sumber Lain

Di internet bertebaran berbagai situs yang menyediakan informasi mengenai musik digital. Disini akan disajikan beberapa yang berkaitan dengan tulisan ini, namun dengan diclaimer sebagai berikut :
  • Alamat alamat situs yang dituliskan disini semata mata sebagai informasi saja untuk mendukung tulisan ini.
  • Baik WordPress maupun penulis tidak menganjurkan penggunaan software ilegal.
  • Penggunaan software ilegal merupakan keputusan dan tanggung jawab pembaca.
  1. SpeedSoft VSampler dapat dilihat di : http://www.maz-sound.com
  2. Magesy, merupakan situs komunitas audio banyak berisi software, plug-ins, sound libaries (ilegal/bajakan). Dapat dilihat di : http://www.magesy.ws
  3. Situs penyedia daftar plug-ins baik gratis atau komersial : http://www.vstcentral.com/ , http://www.audiomastermind.com

Siapa Yang Memerlukan Musik Digital

Semua orang dapat memanfaatkan musik digital untuk merekam karya karya musiknya, namun terutama musik digital amat cocok untuk orang orang sebagai berikut :
  1. Band atau musisi yang musiknya sulit diterima labels seperti band punk, dark metal, pop alternatif, jazz dsb.
  2. Band atau musisi lagu lagu rohani atau berbahasa daerah.

Dengan memanfaatkan teknologi musik digital ini band band macam diatas tidak perlu tergantung pada labels besar untuk merekam karya musik mereka.

3 Balasan ke Musik Digital

  1. Arfan Hidayat mengatakan:

    Mas Sahatmrt, blog-nya sangat luar biasa… bagus dan detail. Selain itu blog ini akan sangat membantu untuk banyak orang yang mau tahu tentang musik digital khususnya home recording.
    Saya sangat kagum dengan Drum Midi buatan sendiri yang ditampilkan disini. Apa boleh saya minta detail pembuatannya seperti detail yang dijelaskan dalam pembuatan Speaker Monitor?
    Makasih untuk ini & sukses selalu Mas. Salam.

  2. Emanuel Setio Dewo mengatakan:

    Saya suka sekali dengan artikel2 di blog Anda. Terutama adanya anjuran utk tidak menggunakan software2 ilegal atau bajakan. Salut.

    • sahatmrt mengatakan:

      Makasih, memang sebaiknya kita tidak menggunakan software2 bajakan, terutama bila kita memiliki kecukupan anggaran untuk beli software original, apalagi bila kita menggunakan software itu secara profesional.
      Namun bila anggaran memang sangat terbatas, memakai bajakan merupakan pilihan yang sulit dihindari, dengan catatan penggunaannya hanya untuk belajar saja dan tidak untuk digunakan secara profesional:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: