Membina Band


Sebuah band / grup musik adalah suatu kelompok yang terdiri dari beberapa anggota dimana tiap anggota memainkan suatu instrument tertentu termasuk penyanyi.

Tentunya tiap band berkeinginan mencapai sukses. Baik sukses musikal, yaitu mampu memainkan dan menciptakan musik yang indah serta karya musiknya diterima dan disukai masyarakat. Maupun sukses finansial, yaitu menghasilkan pendapatan yang besar.

Sukses musikal tidak terjadi dengan sendirinya sebab ada beberapa syarat yang diperlukan berupa kemampuan bermusik yang baik serta keterpaduan antar anggotanya.

Untuk memenuhi syarat tersebut beberapa hal dapat dilakukan. Secara ringkas :

  • Meningkatkan pengetahuan musik. Meningkatkan pengetahuan musik itu perlu sebab seorang musisi mengekspresikan diri melalui alat musik. Maka penguasaan pengetahuan musik akan membantu musisi dalam berekspresi, memainkan serta menciptakan musik.
  • Meningkatkan penguasaan instrument musiknya. Yaitu si musisi berlatih untuk meningkatkan kemampuannya memainkan suatu alat musik. Hal ini penting karena musisi berekspresi dengan menggunakan alat musik. Makin mahir ia memainkan instrumentnya, makin baik.
  • Jam Session Pribadi. Jam session pribadi maksudnya memainkan instrument musik tanpa rencana terlebih dahulu. Pokoknya mainkan saja instrumentnya mengikuti kata hati. Hal ini berguna untuk meningkatkan kemampuan musisi mengekspresikan dirinya, mengenali dan mencurahkan emosinya melalui instrument musik.
  • Jam Session Bersama. Jam session ini maksudnya suatu band secara bersama-sama memainkan alat musiknya masing-masing tanpa ada rencana terlebih dahulu. Pokoknya masing-masing anggota memainkan saja instrumentnya mengikuti kata hatinya masing-masing, sambil mendengarkan permainan anggota-anggota lainnya serta saling berusaha menyesuaikan permainan masing-masing dengan permainan anggota-anggota lainnya. Hal ini penting dan berguna agar masing-masing anggota band saling mengenal kebiasaan anggota-anggota lainnya dan dapat saling menyesuaikan permainannya dengan permainan anggota-anggota lainnya. Tujuan akhirnya agar permainan band itu bisa semakin padu dan harmonis.
  • Meningkatkan kesatuan hati. Disini maksudnya agar anggota band saling akrab satu sama lain, sehingga terjadi keterpautan emosi antar anggota. Keterpautan ini memudahkan permainan musik yang padu. Caranya misalnya nonton bareng, nangis bareng, ketawa bareng, diskusi bareng, dsb.
  • Mengasah rasa keindahan. Mengasah rasa keindahan disini maksudnya supaya tiap anggota suatu band mengasah rasa keindahan masing-masing, karena sebagai musisi berekspresi diri melalui bunyi-bunyian yang indah. Maka kepekaan rasa keindahan berguna membantu musisi berekspresi secara indah. Caranya misalnya baca novel sastra, lihat lukisan, baca puisi dsb.
  • Meluaskan wawasan berpikir. Meluaskan wawasan berpikir itu perlu supaya seorang musisi dapat menciptakan lirik-lirik lagu yang indah, menyentuh perasaan dan mengena ke pendengar lagu-lagunya. Lagu dengan lirik macam ini dapat bertahan disukai pendengarnya lebih lama alias dikenang orang. Selain itu dengan wawasan berpikir yang luas memudahkan seorang musisi dalam menggali dan menciptakan beragam jenis musik.
  • Menyatukan visi bermusik. Menyatukan visi bermusik sebuah band itu perlu untuk menjaga keutuhan sebuah band. Perbedaan visi bermusik antar anggota bisa membuat sebuah band akhirnya bubar atau anggotanya mengundurkan diri. Hal ini disebabkan setiap anggota punya visinya sendiri tentang musik yang ingin dimainkannya, baik sekarang maupun di kemudian hari. Maka tiap anggota band perlu saling mengetahui dan menerima visi bermusik anggota lainnya ini serta saling menyesuaikan.

Dengan memperhatikan dan melakukan hal hal tersebut diatas suatu band dapat mencapai hal hal berikut : setiap anggota band memiliki kemampuan bermusik yang baik, band tersebut mampu memainkan dan menciptakan musik yang indah serta band tersebut akan kompak dan langgeng.

Dengan adanya hal hal diatas suatu band telah memenuhi syarat yang diperlukan untuk dapat mencapai sukses musikal.

3 Balasan ke Membina Band

  1. erickningrat mengatakan:

    jam terbang group itu dari panggung ke panggung juga sebagai faktor dalam membina karakter suatu band,perfoment yang bagus akan membuat band itu punya stimulan yang kuat kika publik mengingatnya,dan di point yang meningkatkan kesatuan hati saya rsa hal paling sensitif sekali dalam perjalanan suatu band,ex : rata 2 band2 besar bubar karena tidak adanya kesatuan hati,ada pepatah di kalangan anak band

    mencari personil band itu seperti mencari jodoh dalam hidup

    jadi gampang2 susah,saya kira hal ini yang menjadi sangat krusial sekali dalam keutuhan suatu band.

  2. vIcKO_EdICk mengatakan:

    gw rasa sih, kalo kita ngerasa musik sebagai darah kita dan temen2 personel band kita adalah jantungnya, maka gak bakalan tuh band kita bakal bubar. kita harus ngerasa teman2 kita adalah sodara sedarah. jangan ngerasa kalo kita gak penting atopun lebih penting dari teman kita yang lain. semuanya memiliki elemen penting dalam band itu sendiri. kalopun ada yang menonjol (baca : memimpin) didalam band kita, ya gak apa apa. selama dia memimpin untuk kemajuan band itu sendiri. hampir seluruh band2 besar tanah air maupun mancanegara, punya karakter personel yang menonjol. yaa..tau sendiri lah contoh2nya…

    maju terus musik INDONESIA!!!

  3. Dede@kabel.com mengatakan:

    Nasehat yg keren

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: